Translate

Jumat, 26 April 2013

Panduan Pelaporan Bos Online 2013 di Situs Bos.Kemendikbud

Para rekan seperjuangan , pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara Pelaporan Bos Online 2013 di Situs Bos.Kemendikbud yang dikutip dari http://pejalan-sunyi.blogspot.com/2013/03/panduan-pelaporan-bos-online-2013-di.html


SEPERTI disebutkan dalam JUKNIS BOS Tahun 2013, BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. 

Sasaran program BOS adalah semua sekolah SD/SDLB dan SMP/SMPLB/SMPT, termasuk SD-SMP Satu Atap (SATAP) dan Tempat Kegiatan Belajar Mandiri (TKB Mandiri) yang diselenggarakan oleh masyarakat, baik negeri maupun swasta di seluruh provinsi di Indonesia. 

Besar biaya satuan BOS yang diterima oleh sekolah, dihitung berdasarkan jumlah siswa dengan ketentuan: 


1. SD/SDLB : Rp 580.000,-/siswa/tahun 
2. SMP/SMPLB/SMPT/SATAP : Rp 710.000,-/siswa/tahun
Penyaluran dana dilakukan setiap periode 3 bulanan, yaitu periode Januari- Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember. Pada tahun anggaran 2013, dana BOS akan diberikan selama 12 bulan untuk periode Januari sampai dengan Desember 2013, yaitu Triwulan I dan II tahun anggaran 2013 tahun ajaran 2012/2013 dan Triwulan III dan IV tahun anggaran 2013 tahun ajaran 2013/2014.

Tugas dan Tanggung Jawab Tim Manajemen BOS Sekolah :
  1. Mengisi, mengirim dan meng-update data pokok pendidikan (Formulir BOS- 01A, BOS-01B dan BOS-01C) secara lengkap kedalam sistem yang telah disediakan oleh Kemdikbud;
  2. Membuat RKAS yang mencakup seluruh sumber penerimaan sekolah (Formulir BOS-K1 dan BOS-K2);
  3. Melaporkan perubahan data siswa setiap triwulan kepada Tim BOS Kabupaten/Kota (jika ada);
  4. Memverifikasi jumlah dana yang diterima dengan data siswa yang ada;
  5. Mengelola dana BOS secara bertanggung jawab dan transparan;
  6. Mengumumkan besar dana yang diterima dan dikelola oleh sekolah dan rencana penggunaan dana BOS (RKAS) di papan pengumuman sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan Ketua Komite Sekolah (Formulir BOS-03);
  7. Mengumumkan penggunaan dana BOS di papan pengumuman (Formulir BOS-04);
  8. Bertanggung jawab secara formal dan material atas penggunaan dana BOS yang diterimanya;
  9. Membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS triwulanan (Formulir BOS-K7 dan BOS-K7A) sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana dan disimpan di sekolah untuk keperluan monitoring dan audit;
  10. Memasukkan data penggunaan dana BOS setiap triwulan kedalam sistem online melaluiwww.bos.kemdikbud.go.id;
  11. Membuat laporan tahunan diserahkan ke SKPD Pendidikan Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 5 Januari tahun berikutnya;
  12. Melakukan pembukuan secara tertib (Formulir BOS-K3, BOS-K4, BOS-K5 dan BOS-K6);
  13. Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat;
  14. Memasang spanduk di sekolah terkait kebijakan pendidikan bebas pungutan (Formulir BOS-05);
  15. Bagi sekolah negeri, wajib melaporkan hasil pembelian barang investasi dari dana BOS ke SKPD Pendidikan Kabupaten/Kota;
  16. Menandatangani surat pernyataan tanggung jawab yang menyatakan bahwa BOS yang diterima telah digunakan sesuai NPH BOS (Lampiran Format BOS-K7).
Sehubungan dengan point 10, bahwa sekolah memiliki tugas memasukkan data penggunaan dan BOS setiap triwulan secara online. Untuk itu, mau tidak mau, bendahara sekolah harus memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Adapun cara untuk memasukkan data bos secara online adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke www.bos.kemdikbud.go.id; anda akan masuk pada halaman seperti gambar dibawah ini :

Bos Online 2013

2. Perhatikan yang ditandai dalam kotak. Isi Kode Registrasi Sekolah dan Password untuk login (Kode Registrasi sekolah adalah kode yang digunakan ketika melakukan pendataan online dapodik melalu aplikasi pendataan. Kode Registrasi bersifat unik yang berbeda masing-masing sekolah. Sedangkan password menggunakan NPSN sekolah). Jika berhasil login, anda akan masuk halaman seperti gambar di bawah ini:

Bos Online 2013

3. Sesudah berhasil login, disarankan agar Anda segera mengubah password melalui menu "Ubah Sandi" pada pojok kanan atas. Setelah itu Klik "Ubah" dan isikan penggunaan dana seperti pada gambar di bawah ini:

Bos Online 2013

4. Sesudah selesai mengisikan penggunaan dana, Klik "Simpan" untuk menyimpan data yang telah dientry. Sesudah dirasa cukup, Anda bisa keluar dari halaman dengan meng-klik "Log Out".

5. Demikian semoga artikel ini bisa membantu. 

TRIK MENGGANTI TAMPILAN UTAMA APLIKASI DAPODIK

Para rekan OPS APP akhir-akhir ini pasti jenuh dengan tugas pengentrian data PTK di sekolah masing-masing. Untuk mengurangi kejenuhan kalian bisa mengganti wallpaper (tampilan utama aplikasi dapodik) seperti yang dikutip dari  http://gurukts.blogspot.com/2013/04/trick-mengganti-tampilan-utama-aplikasi.html sebagai berikut :


Tampilan aplikasi yang biasanya seperti gambar di bawah ini.
Tampilan Utama Aplikasi Dapodik
Dengan gambar atau foto sesuai dengan keinginan kalian bisa di ganti dengan foto pacar, istri, anak, ataupun foto dewan guru di sekolahan masing-masing. Mungkin foto narsis kalian juga bisa hehehe

Caranya begini bro :
  1. Buka aplikasi Pendataan di disk C ( tergantung waktu kalian instal pertama kalian taruh disk mana )
  2. Buka folder resources
  3. Folder images di buka
  4. Cari gambar aplikasi pendataan pendidikan 
  5. Kemudian Edit gambar tersebut Menggunakan paint, microsoft office picture,Adobe Photoshop apa aja bisa
  6. Pilih gambar yang kamu inginkan
  7. Hasil edit di save kembali dalam folder images dengan tetap nama file ( aplikasi-pendataan-splash ) jangan di rename 
  8. Tunggu hasilnya Mudah kan
  9. Silakan buka aplikasi Dapodik seperti biasnya dan lihat hasilnya WOW.... mantap hehehe
Berikut hasilnya seru bukan.... 

Hasilnya Keren kan.....
Dapodik Suburman hehehe
Hahahahahaseg Narsis dulu ach....
Setiap membuka aplikasi pendataan gambar yang anda ingin kan pasti akan muncul contohnya seperti ini,,
Selamat Mencoba .. :)

JUKLAK & JUKNIS OPerator Sekolah Aplikasi Pendataan Pendidikan (OPS APP) : Hanif Umega: Operator APP (Aplikasi Pendataan Pendidikan)

Hanif Umega: Operator APP (Aplikasi Pendataan Pendidikan)


Senin, 22 April 2013

Faktor-Faktor Penyebab Jerawat dan Cara Alami Untuk Mengatasinya


Kenapa sih jerawat dan bekasnya tidak dapat sembuh selalu muncul kembali ? sebelum melangkah lebih jauh kita lihat dulu sebab-sebab kenapa jerawat sangat susah di sembuhkan.
Seperti yang dikutip dari  http://www.facebook.com/pages/Cosmecantik/148418008527515  berikut detail tentang penyebab & cara mengatasi jerawat tersebut.

Faktor 1 : Penggunaan kosmetik yang tidak cocok kebanyakankasus pemakai bedak atau foundation yang bertesktur creamy atay two way cake, penggunaan kosmetik dengan kadar alkohol tinggi lebih berpotensi jerawatan, selain itu jarang membersihkan wajah setelah penggunaan kosmetik juga menjadi pemicu terjadinya jerawat.

Faktor 2 : Hormon berperan sangat besar dalam pembentukan jerawat. Maka tidak heran, ketika menjelang haid kulit sering muncul jerawat, karena pada saat itu hormon tidak seimbang. Hormon pada jerawat disebut hormon androgen. Nah androgen meninggi saat masa pubertas, mendekati siklus haid dan stres. Hal ini juga yang menyebabkan banyak remaja usia 15-20 th tumbuh jerawat, asal di rawat dengan produk yang tepat maka jerawat akan berkurang dengan sendirinya

Faktor 3 : Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat. Orang yang suka minum alkohol, perokok, kurang istirahat dan stres, bisa meningkatkan hormon androgen. Androgen dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak, jadi ketika gaya hidup tidak sehat maka aktivitasnya bertambah. Maka minyak bisa tersumbat, apalagi jika di permukaan kulit tertutup oleh make-up maka akan meradang dan timbul jerawat.


Faktor 4 : Makanan, tidak bisa di pungkiri bahwa penyebab semua penyakit asalnya dari perut, terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan dengan kadar gula tinggi seperti es krim juga merupakan penyebab munculnya jerawat.

Faktor 5 : Genetik adalah faktor penyebab jerawat yang merupakan turunan dari orangtua. Ketika orangtuanya berjerawat, maka aktivitas kelenjar minyak si anak menjadi lebih produktif, sehingga jerawat akan sangat mudah timbul, kasus seperti ini sangat jarang terjadi tetapi kalo ada kasus seperti ini paling sulit untuk diobati.


Cara Mengatasinya 

Masalah Kosmetik : Pelan-pelan secara bertahap hindari penggunaan kosmetik-kosmetik kimia, apalagi kosmetik yang menawarkan dapat memutihkan dan membersihkan jerawat dengan cepat sangat mungkin kosmetik tersebut mengandung merkuri yang dapat merusak kulit anda dan jika pemakaian di hentikan maka kulit akan sensitif terhadap sinar matahari langsung merah jika terkena panas, flek hitam akan kembali dan bahkan semakin melebar, sebaiknya gunakan perawatan-perawatan wajah yang natural saja dengan buah dan masker alami,

1. Cuci Muka

Kulit wajah yang berminyak atau wajah yang mempunyai kecenderungan muncul jerawat harus dibersihkan dua kali sehari. Sangat dianjurkan mencuci muka dengan pembersih yang PH-nya sedikit asam untuk menjaga kebersihan wajah yang berjerawat.

Air seduhan 7-10 lembar daun sirih (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat sehingga dapat digunakan untuk mencuci muka sebanyak dua atau tiga kali sehari. Menurut pengalaman beberapa orang, membasuh wajah dengan air es juga dapat mengurangi timbulnya jerawat. Hal ini dipercaya dapat mengurangi minyak pada wajah.

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Menurut beberapa ahli kulit, belimbing wuluh bersifat sejuk, dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah).


Wajah berjerawat juga lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas baru mendidih, lalu uapkan pada wajah yang berjerawat.

2. Masker


Sementara buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. Masker mengkudu tidak hanya mengatasi jerawat, panu, kulit yang keriput dan kering pun hilang lenyap, otot-otot muka menjadi lebih relaks.

Tomat (Lycopercisum esculentum Mill) yang mengandung aneka vitamin, antara lain vitamin C, viamin A dan B1 serta mengandung zat-zat seperti protein, kalsium, besi, dan belerang. Untuk mengusir jerawat, pilih tomat yang sudah masak, kemudian potong-potong sama rata, setelah itu langsung dipakai untuk menggosok wajah berjerawat. Jika tekun membiasakan diri memakai buah tomat, wajah mbak anti dijamin bakal kembali berseri-seri, bebas dari jerawat.

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) yang daging buahnya banyak mengandung air yang berasa asam. Warna buahnya ada yang hijau, ada pula yang putih. Belimbing wuluh mengandung kalsium oksalat, flavonoid, pectin, tanin, asam galat dan asam ferulat. Guna menyingkirkan jerawat, ambil 5 buah belimbing wuluh, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu remas-remas dengan air garam secukupnya. Gosokkan pada wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat. Lakukan tiga kali sehari. Bisa juga dengan ramuan tradisional sebagai berikut sediakan 6 buah belimbing wuluh, ? sendok teh serbuk belerang, dan satu buah jeruk nipis. Caranya, belimbing wuluh dan serbuk belerang digiling sampai halus, kemudian remas-remas dengan air jeruk nipis. Lalu gosokkan pelan-pelan pada wajah yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari. Dijamin, wajah anda akan kembali kinclong.

Mentimun (Cucumis sativus) juga dapat digunakan untuk melawan jerawat yang nakal, disamping mengandung banyak air, juga mengandung vitamin A, B1 dan C serta beberapa zat seperti saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi dan belerang. Berkaitan dengan jerawat, pilih mentimun yang masih muda. Cuci bersih, lalu potong-potong, kemudian perlahan-lahan gosokkan pada wajah yang berjerawat. Biasakan minimal tiga kali sehari.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle) yang buahnya sebesar bola pingpong berwarna hijau atau kekuning-kuningan, dan rasanya asam. Buah jeruk nipis mengandung unsur senyawa kimia antara lain limonene, linalin asetat, geranil asetat, felladren, sitral, dan asam sitrat. Untuk menghalangi jerawat, pilih buah jeruk nipis yang sudah tua lalu potong-potong sama rata. Gosokkan pada wajah yang berjerawat, sekitar 2-3 kali sehari. Atau dengan ramuan tradisional yaitu Sediakan 20 kuntum bunga melati, 2 jari asam jawa (bahasa jawa : asam kawak), 1 buah jeruk nipis. Caranya, bunga melati, asam jawa dan belerang dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Remas-remas dengan air jeruk nipis. Kemudian gosok perlahan-lahan pada wajah yang berjerawat. Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum)
.
Masker lain yang dapat digunakan mengatasi jerawat adalah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker akan membantu meningkatkan hasilnya. Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb) juga bisa digunakan untuk membasmi jerawat karena didalamnya terdapat komponen utama kandungan zat yaitu kurkumin dan minyak atsiri. Kurkumin bermanfaat sebagai acnevulgaris, antiflamasi (antiradang), dan anti-hepatoksik (antikeracunan empedu). Sedangkan minyak atsiri temulawak mengandung phelandren, kamfer, bomeol, xanthorrhizol, dan sineal. Bila ingin wajah tidak ternodai jerawat, ambil satu jari rimpang temulawak, cuci bersih dan potong-potong. Rebus dengan air bersih sebanyak 4 gelas lalu biarkan mendidih hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin, dapat disaring dan diminum (dapat ditambahkan madu). Minumlah dua kali sehari dan sekali minum sebanyak satu gelas.

Daun dewa dan mahkota dewa juga berkhasiat sebagai obat jerawat. Tanaman lain yang dapat dimanfaatkan sebagai masker antijerawat adalah tumbukan pucuk daun jambu batu (Psidium guajava)Lidah buaya (Aloe vera) yang terkenal dapat menghaluskan kulit juga dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat.

Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering.

Sedangkan flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat dihilangkan dengan masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagian-bagian yang hitam lalu diamkan sampai mengering.

Jerawat jenis komedo dapat dihilangkan dengan masker peel off dari gelatin buatan sendiri. Bahan-bahannya: satu sendok makan bubuk gelatin yang bisa dibeli di pasar swalayan, dua sendok makan susu cair dingin, dan satu butir putih telur. Susu cair dingin dan gelatin dicampur lalu dipanaskan, jaga jangan sampai menggumpal. Setelah leleh, dinginkan sampai hangat, lalu campurkan dengan putih telur. Oleskan adonan tadi ke wajah, kecuali seputar mata dan bibir.

Selain menggunakan tanaman obat di atas mbak anti juga perlu melakukan perawatan. Perawatan sangat penting dilakukan agar kulit terlihat sehat, berseri dan cantik. Apa saja yang harus dikerjakan:
1.    bersihkan wajah sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan sabun khusus pembersih wajah dan air hangat.
2.    Lakukan olahraga pagi hari di lokasi yang mendapat sinar matahari.
3.    Kurangi makanan berlemak, termasuk gorengan dan minuman beralkohol.
4.    Tingkatkan konsumsi sayur-sayuran dan (bayam, bawang daun, ercis, wortel, daun melinjo dan sebagainya) dan buah-buahan (pisang, tomat, jeruk, nanas, dan sebagainya)
5.    Hindari pemakaian kosmetik yang berbahan dasar minyak.
6.    Yang tak kalah penting, jangan sembarangan menusuk dan memijit-mijit jerawat. Bisa-bisa malah infeksi dan meninggalkan bekas noda. (http://duniawahyuni.blogspot.com/2008/01/obat-jerawat-alami.html)

Selamat Mencoba!!

Selasa, 16 April 2013

SK BELUM KELUAR, BUKAN BERARTI KIAMAT

Sudah berbulan-bulan para operator sekolah disibukkan dengan pengisian dan pengecekan data PTK, dan tentu saja beberapa hari belakangan ini situasi semakin memanas karena hadirnya makhluk yang disebut SKTP yang secara tidak langsung menunjukkan sebuah bukti yang sah dan valid bahwa PTK tersebut berhak menerima tunjangan sertifikasi. Kontan hal ini membuat para guru di setiap sekolah ribut dan mulai khawatir akan pencairan tunjangan yang telah mereka harapkan sekian lamanya. Di tengah kekakacauan ini  ada angin segar yang mudah-mudahan dapat berguna bagi operator untuk memberikan kejelasan kepada para PTK yang datanya masih bermasalah sehingga belum mendapatkan SK tersebut seperti yang dilansir dari http://118.98.166.62/content/berita/utama/sk sebagai berikut :

"Jakarta (Dikdas): Menanggapi sejumlah guru yang gelisah lantaran namanya belum terjaring dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga terancam tak mendapat tunjangan, Sumarna Surapranata, Ph.D., Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, mengatakan mereka tak perlu khawatir. Jika data belum terjaring, kemungkinan besar pengisian instrumen pendataan oleh operator sekolah belum lengkap. Maka yang perlu dilakukan adalah melengkapi instrumen pendataan. 

“Bagi guru yang tidak keluar SK-nya sekarang, itu bukan kiamat. Silakan melengkapi persyaratan-persyaratan, nanti di tengah jalan akan keluar. Haknya dari bulan Januari tidak hilang,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 9 April 2013. Setelah data lengkap dan Surat Keputusan (SK) keluar, guru mendapat tunjangan secara rapel tanpa ada pemotongan sepeserpun. 

Sumarna mengakui, penjaringan Dapodik belum mencapai 100 persen. Itu terjadi lantaran banyak kendala di lapangan, seperti terbatasnya akses dan jaringan internet di sebuah daerah. Namun jumlahnya kecil, kini sekitar 3,5 persen. 

Tapi bukan berarti pihaknya tinggal diam. Selain melalui Dapodik, penjaringan data dilakukan pula dengan pengecekan secara manual. Operator sekolah yang bersangkutan dihubungi baik melalui telepon, pesan layanan singkat, ataupun surat. Kepala sekolah dan dinas pendidikan setempat juga turut dihubungi. Dengan begitu, penjaringan instrumen pendataan akan cepat tuntas.

Sumarna menyampaikan, tunjangan khusus yaitu tunjangan untuk guru-guru yang mengabdi di kawasan yang tergolong daerah khusus telah tersalur 100 persen. Dana tunjangan dikirim ke rekening masing-masing guru. “Kalau tunjangan profesi baru tersalurkan sekitar 40 persen,” ungkapnya.* (Billy Antoro)"



Data yang Diunggah ke Dapodik Harus Lengkap, Wajar, dan Benar Supriyatno, S.Pd., M.A


Rekan- rekan operator seperjuangan, pada postingan kali ini saya mendapatkan info terbaru mengenai DAPODIK dari sebuah grup Info Pendataan Dikjen Dikdas sebagai berikut :


Jakarta (Dikdas): Tidak tercantumnya nama guru dalam Data Pokok Pendidikan, salah satunya, disebabkan pengisian instrumen data oleh operator sekolah tidak lengkap. Hal demikian diutarakan Supriyatno, S.Pd., M.A, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menanggapi keluhan sejumlah guru yang namanya belum tercantum dalam Dapodik sehingga khawatir tidak dapat tunjangan.

Seharusnya data yang dimasukkan dalam aplikasi Dapodik lengkap. Jangan sampai ada variabel yang kosong dan terlewat diisi. Jika ada satu saja variabel tak diisi, maka data secara keseluruhan tidak bisa diolah. “Misalnya saya mengajar, tapi rombongan belajarnya (rombel) tidak diisi, bagaimana bukti mengajarnya?” ucapnya.

Data Pokok Pendidikan merupakan program pendataan yang digalang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjaring tiga entitas data pokok pendidikan di seluruh Indonesia secara individual dan relasional. Tiga entitas data tersebut yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), dan satuan pendidikan. Penjaringan dilakukan secara daring (dalam jaringan—online). Instrumen pendataan pun dapat diunduh dari laman Dapodik. 

Secara teknis, kepala sekolah mengumpulkan instrumen pendataan terkait siswa, guru, dan sekolah. Data tersebut kemudian diserahkan kepada operator yang bertugas mengunggah data ke sistem Dapodik. “Sistemnya bukan individu guru yang mengisi, tapi operator sekolah. Karena yang punya akses, kan, operator,” jelas Supriyatno.

Dari mekanisme itu, Supriyatno menilai, tidak lengkapnya data yang diunggah ke sistem Dapodik merupakan tanggung jawab kepala sekolah. “Mereka tidak aware terhadap pentingnya data harus lengkap, wajar, dan benar,” tegasnya.

Ia mencontohkan pendataan Dapodik di Kebumen dan Indramayu. Tak ada komplain dari kedua kabupaten tersebut lantaran operator menjalankan tugasnya dengan benar. Maka ia berharap kepala sekolah memberi perhatian lebih kepada operator karena tugas mereka lumayan berat. “Sekolah-sekolah yang perhatian terhadap operatornya, operatornya bekerja dengan tenang. Semua variabel datanya dilengkapi. Mereka mulus saja,” ungkapnya.


Namun Supriyatno menggarisbawahi, aplikasi Dapodik tidak menentukan seorang guru mendapat tunjangan atau tidak, melainkan sekadar menyajikan data secara individual dan terelasi dengan sekolah dan rombongan belajar yang diemban/diampu. Dapodik sekadar bahan mentah yang digunakan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar untuk menyalurkan tunjangan sesuai kriteria dan aturan yang telah ditentukan.

Hingga 11 April 2013 pukul 17.00 WIB, pendataan Dapodik telah berjalan 96,5 persen. Dari total 184.498 SD dan SMP di seluruh Indonesia, 178.049 sekolah telah memasukkan datanya dan sekolah yang belum terjaring berjumlah 6.449. Dua provinsi yaitu Kepulauan Bangka Belitung dan D.I. Yogyakarta telah 100 persen tuntas menjaring Dapodik.

Untuk mengejar ketuntasan pendataan dan meningkatkan kualitas Dapodik, Supriyatno mengerahkan 15 operator pendataan. “Kita banyak fasilitas layanan kepada sekolah agar mereka bisa memperbaiki data secara baik dan cepat,” tegasnya. Fasilitas tersebut di antaranya broadcast, telepon, jejaring sosial Facebook, surat elektronik (email), dan surat pos. Mereka pun siap melayani operator sekolah yang datang ke sekretariat Dapodik. 


Direktur Pembinaan PTK Dikdas Sumarna Surapranata, Ph.D mengatakan, data guru yang mendapatkan tunjangan diambil dari Dapodik. Selain itu, karena pendataan Dapodik belum mencapai 100 persen, maka pendataan dilakukan secara manual. “Yang kita gunakan secara total dengan Dapodik plus manual,” ucapnya.

Pengecekan secara manual dengan menghubungi operator sekolah melalui surat elektronik, pesan layanan singkat, atau surat pos. Pengecekan juga bisa melalui kepala sekolah dan dinas pendidikan setempat.*
(Billy Antoro)



Lantas?? bagaimana menurut rekan-rekan??



Minggu, 14 April 2013

Pencairan Sertifikasi dan Informasi Tunjangan Fungsional 2013



Informasi: pencairan sertifikasi 2013 
Triwulan 1 : 9-16 April 2013
Triwulan 2 : 6-16 Juli 2013
Triwulan 3 : 9-16 Oktober 2013
Triwulan 4 : 6-16 Desember 2013


SEHUBUNGAN DENGAN BARU AKAN DI AJUKAN LAPORAN
PENERIMA TUNJANGAN SERTIFIKASI DAN FUNGSIONAL
BESOK HARI SENIN TANGGAL 14 APRIL 2013 DARI KABUPATEN
KE PIHAK PEMDA DAN BANK....
MAKA NAMA-NAMA YANG TERPAMPANG DI BJB BELUM TENTU MENDAPATKAN
TUFUNG 2013,
NAMA-NAMA TERSEBUT ADALAH MEREKA YANG TIDAK MENERIMA TUNJANGAN/RETUR ATAU BERMASALAH TUNJANGAN FUGNSIONAL DI TAHUN 2011
SERTA TUNJANGAN KUALIFIKASI AKADEMIK...
JADI JANGAN DULU GALAU DAN RESAH....
YANG TERPAMPANG DI SANA ADALAH HAK MEREKA YANG BELUM DI DAPATKAN DI 2011
JADI KEPADA PARA OPS, OP KEC TOLONG DI SAMPAIKAN KEPADA
GURU HONORER/GTT JANGAN DULU TERPANCING EMOSI...
PENCAIRAN TUFUNG 2013 ITU DI AMBIL DARI DAPODIK DENGAN PENGAMBILAN DATA
PER TANGGAL 11 PEBRUARI 2013
JADI JIKA GURU GTT/HONORER/SUKWAN TIDAK MENDAPATKANNYA DI TANYA SAJA APAKHA DATA PENGENTRIAN SEKOLAH SUDAH BAIK PADA TANGGAL 11 PEBRUARI 2013 TERSEBUT ?







Cara Memperbaiki Jumlah Jam Kosong


Cara Memperbaiki Data PTK yang Bermasalah.
Banyaknya data PTK yang masih dianggap belum valid, dan banyaknya pertanyaan bagaimana cara memperbaikinya, baiklah saya mencoba merangkum dan memberikan solusi yang mudah-mudahan bermanfaat.

Point 20 tidak valid, JJM kurang dari 24 jam
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data rombel, PTK mengajar, tugas tambahan guru, riwayat mengajar, riwayat terdaftar

Cara memperbaiki :
- isi PTK mengajar pada data rombel sesuai dengan jumlah jam mengajar.
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

Demikian Cara memperbaiki Jumlah jam kosong atau jumlah jam 0 atau jumlah jam yang tampil tidak sampai 24jam.

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Jumlah Jam Kosong dan anda bisa menemukan artikel Cara Memperbaiki Jumlah Jam Kosong ini dengan url http://sertifikasi-guru-2013.blogspot.com/2013/04/cara-memperbaiki-jumlah-jam-kosong.html , anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Memperbaiki Jumlah Jam Kosong ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Memperbaiki Jumlah Jam Kosong .

OPERATOR SEKOLAH: Bersabarlah!



ANDA guru, yang juga mendapatkan tugas sebagai Operator Sekolah? Anda tentu paham bagaimana ruwet dan mumetnya menjalankan tugas ini. 

Beberapa waktu terakhir, ketika proses pendataan telah berjalan di semester I dan harus update semester II, beberapa masalah mulai muncul ketika Tunjangan Profesi Tahap I akan segera dicairkan. Banyak Operator Sekolah yang bukan hanya kalang kabut, tapi berjuang sedemikian rupa untuk melakukan Cek Verifikasi Data. Apakah data yang dientry valid? Mengapa SKTP tak keluar, padahal data di DAPODIK sudah valid, dlsb. Pertanyaan-pertanyaan itu kerap membuat para operator tak bisa tidur nyenyak. Belum lagi, kondisi website seringkali offline sehingga sukar diakses, tentu saja hal tersebut semakin membuat jiwa OPS tak tenang, ketar-ketir, bahkan kerap begadang tiap malam untuk hanya sekedar menanti situs bisa dibuka.

Pada sisi lain, ketika kerja entry data yang dilakukan operator sekolah berhasil sesuai yang diharapkan, ada sebagian yang tak mendapatkan apresiasi seperti yang diharapkan. Alih-alih mendapatkan hak seperti yang tertera pada petunjuk tekhnis, bahkan sekedar mendapatkan uang rokok atau bahkan sekedar ucapan terima kasih pun tidak. Justru ketika banyak ditemukan data tak valid sehingga SKTP tak keluar, operator sekolah adalah pihak pertama yang disalahkan. Bahkan ada OPS yang 'dipecat' begitu saja dari Operator Sekolah gara-gara kekeliruannya meng-entry sebuah nama. Padahal 99% PTK yang dientry, SKTP-nya keluar. Padahal selama bekerja, seluruh fasilitas yang digunakan menyangkut laptop, modem, langganan internet, seluruhnya adalah milik pribadi, bukan inventaris sekolah.

Begitulah keluh-kesah tugas Operator Sekolah. Memang sesuai petunjuk teknis, tujuan pendataan ini adalah untuk memperoleh data valid dan mutakhir. Data tersebut akan digunakan untuk pemberian bantuan kepada sekolah, baik berupa program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari sumber APBN, Bantuan Operasional Sekolah dari sumber APBD (BOSDA/BOSP), Rehabilitasi ruang belajar (ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dls), Dana Alokasi Khusus (DAK), Ruang Kelas Baru, Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi, Subsidi/tunjangan bagi guru, dan lain sebagainya. 

Konsekuensinya, sekolah harus menginput seluruh data sekolah (F-SEK), data siswa Peserta Didik (F-PD), maupun data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (F-PTK) dan mengirimkannya ke server pusat. Jika sekolah tidak mengirimkan data sesuai dengan yang telah ditentukan, tentu berpengaruh pada penerimaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), DAK, dan jenis bantuan lainya. Bagi siswa akan berpengaruh pada penerimaan Bantuan Siswa Miskin (BSM). Sedangkan bagi PTK akan berpengaruh pada penerimaan segala jenis tunjangan, menyangkut Tunjangan Profesional (TP), Tunjangan Fungsional (TF), Tunjangan Khusus, maupun Bantuan Kualifikasi Akademik.



Jumat, 12 April 2013

SUARA HONORER: CARA MENDAPATKAN NO PESERTA UN DALAM APLIKASI BIOS UN DAN CARA MEMASUKAN LOGO TUTWURI PADA KARTU PESERTA UN

SUARA HONORER: CARA MENDAPATKAN NO PESERTA UN DALAM APLIKASI BIOS UN DAN CARA MEMASUKAN LOGO TUTWURI PADA KARTU PESERTA UN

Aplikasi NUPTK Web Browser terbaru V17615



Mungkin diantara kita pada saat ini sedang mempersiapkan untuk kegiatan sertifikasi guru.Tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari persiapan ADM atau kelengkapan persyaratan-persyaratan lainnya.

Diantara kelengkapan untuk persyaratan sertifikasi yaitu kita harus membuat print out data NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) langsung dari internet. Mungkin bagi sebagian rekan atau kawan yang berada atau dekat dengan pihak-pihak yang bisa membantu,hal itu tidak akan sulit.Tapi bagaimana dengan rekan atau kawan kita yang sulit untuk mendapatkan informasi tata cara mendapatkan nya?...

Nah kawan pada postingan kali ini saya akan mencoba membantu reka-rekan semua gimana caranya agar kita bisa membuat print out data NUPTK kita untuk keperluan Sertifikasi.


NUPTK web browser  terbaru lebih lengkap dengan fitur data nuptk kita langsung bisa di simpan dalam format excel. Bagi rekan-rekan yang belum memiliki aplikasi versi terbaru dapat di klik disini.

 Seperti yang dikutip dari http://divacomputerlwl.blogspot.com/2012/11/nuptk-cara-print-data-nuptk.html ,berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mendapatkan hasil print out data NUPTK dari aplikasi tersebut :  

  1. Syarat utama yaitu rekan tentuya harus mempunyai NUPTK itu sendiri,dalam arti NUPTK rekan-rekan sudah diterima.
2.   Download aplikasi NUPTK WEB BROWSER VERSI 174,0.Silahkan kawan klik disini.Atau aplikasi NUPTK V161 (publik) klik disini.
3.       Setelah itu ekstrak aplikasi yang telah di unduh,karena aplikasi disimpan dalam format winrar.
4.       Dobel klik aplikasi  NUPTK WEB BROWSER VERSI 174,0 yang telah rekan dapat.
5.       Nah nanti rekan akan masuk ke halaman utama NUPTK WEB BROWSER VERSI 174,0
6.       Ingat ketika membuka aplikasi NUPTK WEB BROWSER VERSI 174,0 komputer rekan harus   
       terkoneksi dengan internet ( on line )
7.      Setelah itu lihat di sebelah kiri layar ada tulisan :Kata kunci pencarian.Klik tanda drop down pilih    
   salah satu pilihan yang ada.Untuk mencari data rekap per lembaga rekan bisa pilih “sekolah /madrasah”
8.   Selanjutnya pilih Provinsi,Kab/kota,Kecamatan ( untuk kecamatan bisa di hiraukan apabila data sudah muncul disebelah kanan layar ),apabila data belum muncul silahkan masukan data kecamatan pada lis drop down kecamatan.Selanjutnya klik Refres
9.     Setelah data muncul silahkan rekan rampingkan data dengan untuk mempermudah pencarian dengan memilih tingkatan Lembaga (SD/MI/SMP atau lainnya) tombol ada dia atas halaman.
10.  Cari nama sekolah/madrasah rekan.ingat : tidak usah mencari seluruh data guru,cukup satu.
11.  Klik nama sekolah/madrasah rekan,selanjutnya klik Daftar PTK (tombol berada di bawah halaman )
12.  Setelah muncul data NUPTK seluruh guru yang ada di sekolah/Madrasah rekan.Klik tombol (Prt   
      Scr) atau (SysRq) pada keyborad komputer rekan.
13.  Selanjutnya Buka program MS Word,atur terlebih dahulu tampilan nya agar nanti ketika akan di  
      print kita dapatkan hasil terbaik.
14.   Tekan tombol ctrl+V atau klik kanan-paste,Maka data NUPTK yang tadi ada di halaman  NUPTK WEB BROWSER VERSI 174,0 telah tercopy di MS Word.Atur tampilan data dengan sebaik mungkin.
15. Print out… Selesai sudah… (gampang kan?...) Nah buat yang menginginkan hasil print out data   perorangan,pada saat tampilan NUPTK WEB BROWSER VERSI 174,0 muncul rekan pilih kunci pencarian dengan memilih NUPTK,selanjutnya masukan NUPTK rekan klik cari.
16.  Untuk proses kesananya silahkan rekan sendiri dech yang atur… ok ..


Catatan :  untuk mendapatkan file unduhan aplikasi yang lainnya bisa di kilk disini

Kamis, 11 April 2013

LINK YANG BERBUNGUNGAN DENGAN APLIKASI PENDATAAN

Sebagai operator dikdas sekolah mungkin terkadang kita mengalami beberapa kendala untuk mengecek data yang sudah di kirimkan ke server atau bahkan untuk mengecek progres data telah berada pada tahap apa, berikut link yang bisa digunakan sebagai referensi untuk mengecek segala sesuatu yang berhubungan dengan operator dikdas sekolah :


1. http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/ (manajemen pendatan dikdas)
2. http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/new/index.php/ (web Info Pendataan dikas)
3. http://103.10.170.164/sd/login.php (pendataan siswa dan nilai tuk SD/MI di Jabar)
4. http://103.10.170.163/sd/login.php (pendataan siswa/peserta UN SD/MI dan nilai tuk nasional selain jabar dan jateng)
5. http://103.10.170.165/smp/login.php (pendataan siswa/peserta un dan nilai SMP/Mts khusus Jabar)
6. http://103.10.170.166/smp/login.php (pendatan siswa/peserta un dan nilai SMP/MTs selain JABAR dan JATENG)
7. http://116.66.201.163:8083/info.php (pengecekan data guru yg sdah disertifikasi)
8. http://116.66.201.163:8000/index.php (pengecekan SK Tunjangan Seritifikasi, TUnjangan Fungsional, Tunjangan Kualifikasi Akademik, dan Tunjangan Khusus)
9. http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data (pengecekan NISN)
10. http://bos.kemdikbud.go.id/ (Web BOS)
11. http://refsp.data.kemdikbud.go.id/ dan http://npsn.data.kemdiknas.go.id/ utk lihat atau cek data NPSN


Website : http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/
Forum : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/forum/index.php
email : infopendataan.dikdas@gmail.com

Contact Person:
- Shandy (085860092216)
- Hasan (085721511354
- Yusuf (085880745015)
- Alfi (085694496800)
- Arfan (081384640290)
- Dimas (081913204343)
- Faisal Uje (085720003549)
- Kholid (08997162884)

Technical Support:
- Customer services 1 (YM: infopendataan_cs1@yahoo.co.id)
- Customer services 2 (YM: infopendataan_cs2@yahoo.co.id)
- Customer services 3 (YM: infopendataan_cs3@yahoo.co.id)
- Customer services 4 (YM: infopendataan_cs4@yahoo.co.id)
- Customer services 5 (YM: infopendataan_cs5@yahoo.co.id)
- Shandy (Skype: shandy_aprilianto)
- Elan (YM: el_pitak, Skype: elan.hermawan)
- Henry (YM: ryu354, Skype: ryu354)
- Ilham (YM: ilham_hambali, Skype: ilham_hambali23)
- Hasan (YM: has_it2, Skype: hasanc354)
- Indra (YM: drawhy, Skype : drawhy)
- Edwin (YM: edwinjuanda, Skype : edwinjuanda)
- Donny (YM: donny_fauzan, Skype : zaunaf

Catatan : untuk mendapatkan file unduhan aplikasi lainnya klik disini